Final Fantasy VI

Posted by


Final Fantasy VI Overview


Developer       : Squaresoft
Platform
: SNES, Playstation One, GameBoy Advance
Release Date
: SNES = JP: 2 april ’94, US: 11 oct ‘94
PSOne = JP: 11 maret ’99, US: 30 sept ‘99
GBA = JP: 30 nov ’06, US: 5 feb ‘07

Genre  : RPG
Media
: Cartridge, CD-Rom
Creator
: Hironobu Sakaguchi, Yoshinari Kitase, Hiroyuki Ito
Char (& logo) Designer
: Yoshitaka Amano dan Tetsuya Nomura
Composer
: Nobuo Uematsu
THE BEGINNING

Final Fantasy VI merupakan seri terakhir Final Fantasy utama yang memakai grafik 2D sebelum Square lebih banyak beralih kedalam grafik 3D. Banyak fans FF yang memuja seri ini karena kedalaman ceritanya, karakter playable terbanyak dari semua seri FF (14 orang), gameplay yang hebat, sampai musik yang sangat memorable. Walaupun saya pribadi, sebagai gamer yang mengenal seri FF dari seri modernnya (VII), saya bisa mengerti perasaan para fans FF tersebut setelah memainkan seri ini pada port di PSOne nya dulu. FF VI juga dianggap sebagai golden egg nya Squaresoft bersama Chrono Trigger yang juga merupakan karya Square.

Setelah melihat credit pembuka yang berisi staf-staf legendaris dari Hironobu Sakaguchi, Yoshitaka Amano, Nobuo Uematsu, Tetsuya Nomura, Yoshinari Kitase, sampai Tetsuya Takahasi barulah saya percaya kalau FF VI ini memang merupakan ujung tombak FF klasik yang membuat jurang pembeda dengan FF modern.

Sebelum Squaresoft membuat game kedalam console Sony, lokalisasi game merupakan hal yang sulit dan memakan banyak biaya. Belum lagi perusahaan yang dikontrak untuk menerjemahkan dari bahasa jepang ke bahasa inggris sering merubah, menghilangkan, atau salah menterjemahkan isi konten game tersebut. Ini ditambah dari kebijakan Nintendo sendiri yang menginginkan kalau game-game pada mesinnya harus bebas dari bahasa-bahasa kasar/prokem. nudity, dan mungkin elemen-elemen lain yang menyinggung pihak-pihak tertentu. Contohnya adalah kasus nama spell Holy yang dirubah menjadi Pearl atau grafik dibawah ini yang mempunyai gambaran nudity harus terkena sensor untuk versi amerikanya. Contoh paling besar adalah judul FF VI yang harus berubah menjadi FF III dikarenakan Square baru 3 kali merilis seri FF ke negri paman sam tersebut (dari FF IV). Khusus remake versi PSOne nya, judul FF VI tetap tidak berubah dan ada tambahan FMV untuk event-event tertentu yang tidak terdapat pada versi SNES atau GBA.

Sebenarnya FF VI pernah dibuat versi demo 3D nya untuk Nintendo 64 yang dinamakan Final Fantasy SGI demo, yang merupakan prototype FF VII. Namun karena keterbatasan ruang pada cartridge N64 Square membatalkannya dan memindahkan proyek tersebut pada console Sony yaitu PSOne yang memakai CD-Rom sebagai medianya.

FF VI merupakan FF yang mendapat banyak pujian dari berbagai media game di seluruh dunia. Dan menikmati kesuksesan dalam penjualannya. Sampai tahun 2003, seri ini telah terjual sebanyak 3, 4 juta kopi dalam berbagai versi (SNES, PSOne, GBA).


GAMEPLAY

Seperti seri FF sebelumnya dan juga sesudahnya, FF VI memakai 4 mode dasar, yaitu mode battle, peta dunia, kota, dan dungeon. Pada peta dunia anda bisa bebas untuk menjelajahinya dengan berjalan kaki, memakai chocobo, sampai pesawat terbang. Musuh disini dijumpai dengan mode random encounter, dan anda bisa juga mengambil side-quest pada kota-kota yang ada untuk membuka event-event tersembunyi dalam game.



• Combat

FF VI memakai sistem ATB yang sudah ada sejak FF IV. Anda bisa membawa maksimal 4 buah karakter dalam satu party.

Setiap karakter mempunyai kemampuan yang unik yang dapat digunakan pada setiap battle. Misalnya Locke mempunyai kemampuan mencuri item dari musuh, atau Celes yang mempunyai kemampuan untuk menghisap magic musuh sampai giliran mereka selanjutnya. Setiap karakter juga mempunyai serangan specialnya yang dinamai Desperation Attack yang dipicu ketika HP karakter sedang kritis. Setelah mengalahkan musuh, setiap karakter akan mendapat experience point untuk menaikkan statusnya.

• Kustomisasi

Pada FF VI terdapat sistem Relic yang memungkinkan setiap karakter memakai senjata, armor, sampai magic yang berbeda-beda. Tentunya relic ini berbeda-beda efeknya pada setiap karakter. Walaupun pada awalnya hanya 2 karakter yang bisa memakai magic, nanti semua karakter bisa mempelajari magic khas masing-masing dan tentunya men-summon para Esper.

STORY

FF VI awalnya mengambil setting pada dunia yang tidak mempunyai nama. Sejalan bergulirnya cerita, geografi dunia tersebut berubah dan terbagi menjadi 2 kontinen besar yang disebut World of Balance. Tidak seperti FF sebelumnya yang mengambil tema klasik / medieval, pada FF VI memakai setting steampunk seperti pada abad ke-19, yang ditunjukkan adanya rel kereta api dan gua pertambangan pada awal game ini.

Cerita bermula 1000 tahun sebelum event pada FF VI terjadi. 3 dewa yang menjadi sumber dari semua magic yang ada di dunia ternyata sedang melakukan peperangan satu sama lain. Peperangan ini menimbulkan energi magic pada dunia yang apabila manusia disentuhnya akan berubah menjadi Esper. Para dewa lalu memanfaatkan Esper tersebut untuk peperangan mereka sendiri yang disebut War of the Magi. Mereka lalu sadar bahwa peperangan tersebut hanya membuat malu nama mereka sendiri. 3 dewa yang dikenal sebagai The Warring Triad merasa harus mengembalikan dunia menjadi sedia kala. Mereka lalu memberikan kembali hak hidup bebas pada para Esper dan mengubah diri mereka sendiri menjadi patung. Permintaan 3 dewa tersebut pada para Esper hanya satu: bahwa para Esper harus menyembunyikan kekuatan mereka agar tidak digunakan oleh pihak yang salah. Setelah perang selesai, terjadi perbedaan gaya hidup dan pemikiran antara manusia dan Esper. Para Esper yang tersisa lalu pindah menuju daerah terpencil, membawa patung dewa bersama mereka, dan menutup rapat-rapat pintu menuju dunia mereka…

Seiring berlalunya waktu, War of the Magi dianggap hanyalah legenda biasa dan manusia terus membangun komunitasnya dengan berdasarkan pada teknologi. Pada saat ini, teknologi paling hebat dimiliki oleh Empire, negara yang kejam dan diktaktor dipimpin oleh Emperor Gestahl beserta 3 jendral tertingginya; Kefka, Leo, dan Celes Chere. Kira-kira 18 tahun sebelum event pada FF VI terjadi, dinding pembatas antara dunia Esper dan dunia manusia melemah sehingga seorang manusia wanita tidak sengaja memasuki dunia Esper. Walaupun kebanyakan para Esper tidak mempercayai manusia wanita tersebut ada satu Esper bernama Maduin yang percaya kalau mereka sebaiknya mencoba terlebih dahulu sebelum menjatuhkan penilaian. Setelah tinggal di dunia Esper, manusia wanita tersebut mempunyai anak bernama Terra hasil pernikahannya dengan Maduin.

Digerakkan oleh nafsu ingin memperoleh kekuatan besar yang dipunyai oleh para Esper dan mengetahui dinding pembatas dunia Esper melemah, Emperor Gestahl melancarkan serangan pada dunia Esper. Tetua Esper lalu melepaskan magic yang mengembalikan Emperor Gestahl ke dunia manusia dan juga menutup gerbang pada dunia Esper. Sayangnya banyak Esper telah tertangkap oleh Gestahl termasuk Maduin dan Terra yang masih bayi, sedangkan ibu Terra sendiri meninggal karena serangan tersebut…

Dari sinilah event pada FF VI dimulai ketika Emperor Gestahl mengadakan percobaan yang menggabungkan Magic dengan mesin dan menghasilkan Magitek Armor. Kefka sendiri ikut menjadi percobaan dan kejiwaannya terganggu. Setelah Terra cukup dewasa, Empire menghasilkan alat yang bisa mengontrol pikiran dan dinamakan Slave Crown. Anda awalnya akan mengendalikan Terra yang menjadi bawahan Empire dan berniat membuka kembali gerbang menuju dunia Esper, lalu mendapat perlawanan dari pihak pemberontak bernama Returners. So the journey begins…


MUSIC

Musik dalam FF VI digarap oleh sang veteran Nobuo Uematsu. Uematsu banyak memasukkan tema-tema latin bergaya opera pada musik-musik FF VI. Karena keterbatasan chip-suara pada SNES, banyak musik tersebut yang tidak memakai vocal. Barulah pada remake di PSOne nya Uematsu bisa memasukkan vocal seperti pada lagu “Aria” yang dibawakan oleh Svetla Krasteva.




Final Fantasy VII Overview


"I'll be going now. I'll come back when it's all over"




THE BEGINNING

Final Fantasy VII… Siapa yang tidak kenal dengan seri FF yang satu ini? Petualangan Cloud dkk dianggap oleh sebagian besar penggemar FF sebagai FF terbaik dari semua FF yang pernah dirilis oleh Square sampai saat ini. Data penjualan pun menunjukkan demikian, sampai desember 2005 FFVII telah terjual 9.8 juta kopi (baca: Original) yang menunjukkan kalau FFVII merupakan FF dengan penjualan tertinggi dari semua FF. Dan juga membantu konsol video game pertama Sony -Playstation- untuk mengalahkan dominasi para pemain veteran yaitu Nintendo dan Sega.

Awal pengembangan FFVII (1994) sebetulnya ditujukan untuk mesin Nintendo yaitu SNES. Tapi karena media yang dipakai oleh SNES yaitu Cartridge, tidak memungkinkan untuk menampung data-data yang lebih besar maka Squaresoft lebih memilih CD-Rom yang kapasitasnya lebih besar dibanding cartridge yang juga dipakai oleh penerus SNES, Nintendo 64.

Hal ini tentu membuat hubungan Square dengan Nintendo menjadi buruk, karena Square lebih memilih Sony yang merupakan pemain baru pada saat itu dibandingkan Nintendo. Hal ini dijawab oleh Sony dengan memberikan dukungan yang sangat besar untuk Square. Dengan dana $100 juta, Sony mempromosikan FFVII ke berbagai media besar macam Coca Cola, Pepsi, Playboy, buku komik amerika (Marvel dan DC), dan lain lain.

FFVII juga dikenal sebagai FF pertama yang menggunakan grafik 3 dimensi baik pada karakter dan lingkungannya khususnya dengan tambahan Cinematic Graphic / CG untuk event-event tertentu yang merupakan hal baru dalam dunia game khususnya RPG (yang nantinya juga menjadi suatu keharusan pada setiap game). Dengan besarnya kesuksesan yang didapat oleh FFVII, Square (Square-Enix nantinya) akan membuat prequel dan sequel dalam berbagai media yang mengisi lubang-lubang cerita yang ditinggalkan oleh FFVII, walaupun itu berarti kembali mematahkan tradisi yang mereka buat sendiri bahwa setiap FF tidak akan memilik sequel bahkan prequel.


THE STORY

Cerita bermula dimana seorang pemuda bernama Cloud Strife bergabung dengan sebuah grup pemberontak bernama Avalanche yang menentang penggunaan sumber energi bumi yang disebut Mako oleh sebuah perusahaan elektronik paling berkuasa yaitu Shinra Corp. Aktifitas Avalanche dimulai dengan mencoba meledakkan sebuah reaktor Mako dan misi tersebut berjalan dengan sukses. Di Avalanche, Cloud bertemu dengan teman-teman seperjuangannya seperti Tifa Lockhart dan Barret Walace. Sayangnya di misi mereka yang kedua tidak berjalan dengan sukses, sehingga Cloud terpisah dengan teman-temannya…

Setelah sadar akibat ledakan reaktor mako, Cloud ternyata telah dirawat oleh seorang gadis penjual bunga yang bernama Aerith Gainsborough. Untuk membalas kebaikan Aerith, Cloud setuju untuk menjadi bodyguard Aerith untuk sementara waktu, yang juga secara kebetulan mempunyai hubungan yang buruk dengan Shinra Corp.

Shinra Corp sebagai perusahaan yang menguasai sumber energi Mako, juga ternyata diam-diam mempunyai segudang percobaan-percobaan berbahaya. Shinra yang mengetahui kalau Aerith adalah keturunan terakhir dari ras Cetra ingin menculik dan melakukan percobaan padanya. Cloud dan Avalanche tentu tidak tinggal diam, mereka kemudian menyusup kedalam gedung Shinra untuk membebaskan Aerith. Sewaktu mereka berhadapan dengan presiden Shinra, ternyata terjadi kejadian menggemparkan. Sephiroth, seorang pahlawan dan juga mantan prajurit SOLDIER muncul dan langsung membunuh presiden Shinra tersebut.

Dari sinilah inti cerita FFVII dimulai. Cloud dkk akan berpetualang ke seluruh dunia untuk mencari Sephiroth yang berusaha menghancurkan dunia dengan cara mensummon meteor ke bumi. Tentunya mereka akan bertemu lebih banyak kawan dan lawan di perjalanan mereka, dan juga mengalami suka dan duka bersama-sama.
THE GAMEPLAY

Seperti seri FF sebelumnya, FFVII terbagi menjadi 3 mode: peta dunia, peta lapangan, dan layar battle. Pemain bisa menjelajahi dunia dengan banyak cara, mulai dari yang paling dasar seperti berjalan kaki, menyewa chcocobo, kapal selam, sampai pesawat terbang. Pada awalnya ekplorasi pemain hanya akan dibatasi di kota Midgar saja, tetapi sejalan dengan meningkatnya cerita seluruh dunia akan bisa dijelajahi oleh pemain. Di FFVII cerita sebagian besar sudah ditentukan jadi pemain tidak akan diberi pilihan-pilihan yang akan mengubahnya jalan cerita. 

Sewaktu battle FFVII tetap menggunakan Active Time Battle atau ATB, yang sudah digunakan sejak FFIV dan didesain oleh Hiroyuki Ito. Dan tidak seperti FF sebelumnya yang bisa menampung 4-5 karakter dalam satu party, di FFVII hanya diperbolehkan memakai 3 karakter saja dalam satu party.

Sistem skill dalam FFVII akan berkisar pada penggunaan Materia, yang juga menjadi salah satu elemen utama dalam cerita FFVII. Pemain bisa memasang Materia pada slot-slot yang dipunyai oleh senjata dan armor sehingga senjata dan armor tersebut memiliki artibut tertentu. Materia juga memungkinkan pemain untuk memakai Magic, Summon, dan kemampuan unik. Sayangnya…penggunaan Materia ini membuat seluruh karakter FFVII menjadi sama persis terkecuali Limit Break mereka.

Limit Break adalah sebuah modifikasi dari FFVI “Desperation Attacks”. Setiap karakter  mempunyai sebuah kolom yang akan terisi ketika mereka terkena pukulan dari musuh sewaktu battle. Dan sewaktu kolom tersebut penuh, maka pemain akan bisa menggunakan perintah Limit Break yang akan memberikan damage lebih besar dibandingkan serangan standar. Semakin tinggi level karakter tersebut semakin bervariasi pula Limit Break yang mereka punyai. Tapi ada juga cara atau event-event tertentu untuk mendapatkan Limit Break-Limit Break khusus, tentunya itu akan dibahas di bagian walkthrough ^^

Untuk Mini-Game, FFVII bisa dibilang FF yang mempunyai mini game terbanyak. Pemain bisa berternak Chocobo yang nantinya dengan Chocobo tertentu pemain akan bisa mendapatkan Summon khusus. Lalu mini game selanjutnya tentu yang paling banyak ada di Gold Saucer, disini pemain akan bisa mengadu cepat Chocobo, sampai bermain jackpot yang tentunya bisa menjadi sarana untuk meningkatkan pundi-pundi uang anda.


Lalu ada juga event-event tertentu yang mengharuskan anda memainkan “mini battle” yang berbau action sampai taktik misalnya ketika Cloud membebaskan Aerith pertama kali dari Shinra, Cloud akan memakai motor Harley-nya untuk mengalahkan para pengejar dari Shinra atau di Fort Condor kita bisa bertempur mempertahankan kota ini dari Shinra dengan mengatur taktik prajurit-prajurit Fort Condor.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




2 komentar:

  1. Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Di www.bolacasino88.com Agen Judi Online Terpercaya Di Asia.

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Kami Seperti :

    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 7 Permainan Dalam 1 Web Seperti:

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial

    Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - Facebook ( bolacasino88 Official )

    Berita Hot : https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.com/2017/11/saat-ditanya-soal-karier-di-timnas.html
    https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.com/2017/11/aaron-mooy-kami-siap-tampil-maksimal.html

    BalasHapus
  2. Belum Pernah Menang Dalam Bermain Poker Online ???
    Segera Daftarkan ID Anda di SmsQQ Yang Marupakan Agen Judi Online Terpercaya

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ ini Begitu Banyak,diantaranya:
    - Tidak ada settingan apapun dalam permainannya 1000%
    - Deposit Minimal Sangat Terjangkau Yaitu Rp.10.000
    - Proses Setor dan Tarik Dana dijamin tidak ada kata lama,hanya memerlukan waktu 1-3 menit.
    - Kebanjiran Bonus disetiap Harinya
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5%
    - Bonus Refferal 20%
    - Customer Service bersedia melayani Anda Selama 24 jam dengan pelayanan yang begitu sopan dan ramah.
    - Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 7 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    Ayo Jangan Lama-lama lagi,Segera Daftarkan Sekarang Juga...

    BalasHapus


Diberdayakan oleh Blogger.